25 June 2019

Menghitung Total Sales? Deviasi? Gunakan Rumus Dasar Ini!


Tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi Microsoft Office yang paling sering digunakan di perusahaan adalah Microsoft Excel karena fitur di dalamnya bisa digunakan untuk mengolah data-data yang berupa nominal yang dibutuhkan setiap sudut dalam perusahaan. Microsoft Excel ini sering digunakan untuk mensupport sistem yang ada di perusahaan karena mungkin ada beberapa fitur sistem tersebut harus dijalankann secara manual di Microsoft Excel. Yah sekilas informasi tentang si "hijau" ini, mari selanjutnya kita bahas Rumus Dasar yang digunakan dalam case dibawah ini.


Mari kita isi Tabel di atas dengan beberapa rumus dasar excel. Apa sajakah ?

Untuk table diatas kita akan mencoba mengisi kolom-kolom yang masih kosong dengan beberapa fungsi excel sederhana dengan beberapa alternatif disetiap rumus yang sama.

  • Menjumlahkan untuk mengisi kolom TOTAL

    • Cara menjumlahkan yang Pertama

Dengan menggunakan operator (+), cara penulisannya bisa dilihat di gambar yang ditunjukkan panah merah, dan rumus ini ditulis di "Cell E16" atau disamping tulisan TOTAL dan sebaris dengan Target, cara ini biasanya digunakan untuk penjumlahan yang tidak terdiri dari banyak Cell.

    • Cara menjumlahkan yang Kedua

Setelah mengetahui total target, sekarang kita mau cari Total Realisasi nya dengan cara menjumlahkan semua nominal di kolom Realisasi menggunakan cara menjumlahkan seperti yang ditunjukkan panah merah diatas, letakkan cursor pada "Cell F16" lalu ketik "=SUM(F5:F15)" atau bisa setelah mengetik "=SUM(F5" maka akan timbul kotak biru yang bisa kalian drag hingga nominal mana kalian mau menjumlahkan. Cara ini juga bisa digunakan dengan menekan simbol AutoSum yang berada di kanan atas, seperti gambar dibawah saat cursor ada di "Cell F16" namun perhatikan dari mana dan sampai mana lingkup SUM nya, jangan sampai ada nominal tidak terjumlah atau sebaliknya.


    • Setelah kedua cara diatas kalian bisa memilih mana yang ingin digunakan dan sekalian isi juga rumus dikolom Total Deviasi yah, jadi nanti kalau dikolom Deviasi sudah ada nominalnya akan muncul otomatis totalnya.

  • Mengurangi Target dengan Realisasi untuk mengisi kolom Deviasi



Letakkan cursor ditempat yang diinginkan lalu ketik seperti gambar diatas. Contoh letak cursornya di "Cell G10" untuk mengetahui selisih Target Realisasi Iman. jika sudah mengetahui hasilnya, kalian tinggal mengcopy "Cell G10" ke semua Cell yang ingin dimunculkan nominal selisinya maka akan timbul seperti gambar diatas.


Yeay, akhirnya Tabel Perhitungan Pencapaian Sales terisi semua nominalnya dan kesimpulannya dari tabel diatas adalah 

"Total Target 11 Orang Sales yang terbagi menjadi 4 Team sebanyak 7.200.000 dengan Total
Realisasi Salesnya 6.795.000 maka Total Deviasi Target dengan Sales sebanyak 405.000"

Yap, sekian untuk pembahasan Rumus Dasar kali ini, cara menjumlahkan dan mengurangi diatas dapat digunakan di berbagai case atau tabel excel lainnya selama tujuannya mencari Total atau Selisih dari beberapa nominal.

No comments:

Post a Comment