25 June 2019

Fresh Graduate, Lalu? 5 Tips Simple Berdampak Besar


Hollaaa Bears!

Sebagai seseorang yang baru lulus kemarin atau bahasa keren nya "Fresh Graduate", pasti masih mempunyai semangat yang tinggi untuk mencari pengalaman di dunia yang baru ini, yaitu mencari pekerjaan. Nah di topik pertama JB ini akan membahas tentang pengalaman kami sebagai seorang "Fresh Graduate" dan bagaimana kami menyikapinya.

Sulit kah? Tentu saja tidak selama kalian mengikuti tips dari kami untuk memburu pekerjaan. Apa saja kah?

1. Buat Curriculum Vitae (CV) sebaik mungkin.

Curriculum Vitae atau biasa disebut CV adalah media awal untuk perusahaan mengenal tentang kalian, sudah banyak lho contoh format atau trik untuk membuat CV yang baik agar dilirik oleh HRD perusahaan. Untuk melengkapi CV ini lebih diutamakan hal yang benar-benar dapat menunjang pekerjaan kalian, bagi yang Fresh Graduate bisa juga mencantumkan pengalaman Organisasi selama kuliah di kampus atau di sekolah dulu ya, seperti saat kami dulu membuat CV pertama kali, hanya berisi pengalaman organisasi dan kursus yang pernah diikuti. Pastikan juga ya, nomer kontak yang dicantumkan itu kontak yang aktif dan hindari alamat email yang s3jenIs 4lay, hehehe... Ibarat pedagang, CV ini adalah media promosi untuk menjual diri kalian lho.. Jadi buatlah sebaik mungkin...

2. Bangun jaringan sebanyak mungkin saat masih Sekolah / Kuliah.

Yah mungkin ini agak telat kalau baru dibaca saat sudah lulus, hehehe... tapi ini salah satu jalan pintas untuk cepat mendapatkan kerja. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah aktif di organisasi kemahasiswaan atau sejenisnya entah di kampus/sekolah atau dilingkungan kalian, siapa tau kan salah satu dari mereka membutuhkan pegawai yang sesuai dengan kemampuan kalian kelak. 

Hati-hati, sebenarnya cara ini menurut kami cukup membebani kalian, kenapa? Karena jika kinerja atau attitude kalian buruk di tempat kerja maka relasi yang membawa kalian lah yang kena dampaknya, jadi kalian punya jobdesk tambahan nih, yaitu menjaga nama baik relasi yang membawa kalian.

3. Gunakan aplikasi mencari kerja dengan maksimal.

Di jaman saat ini, portal pencarian kerja semakin banyak dari yang di Website, Android Apps, sampai ke Social Media, seperti LinkedIn dan Instagram. Gunakan ini dengan maksimal tapi bukan berarti kalian melamar ke semua lowongan kerja yang ada disana yah, Bears hahahaha... 

Pengalaman dari kami nih, lamar lah perusahaan yang klasifikasi mereka inginkan, minimal kalian memenuhi 70% dari seluruh klasifikasi yang mereka butuhkan kecuali ada beberapa klasifikasi yang WAJIB dan kalian tidak bisa memenuhinya, lebih baik diskip saja.

Kami sarankan lebih baik fokus ke pengalaman kerja ya, bukan gaji dan apapun yang sifatnya material, karena pengalaman kerja adalah investasi kalian untuk kedepannya dan usahakan bertahan lebih dari satu tahun. Jangan menjadi "kutu loncat" diawal kerja kalian kecuali ada beberapa hal yang benar-benar membuat kalian keluar.

4. Persiapan Interview yang matang.

Nah, setelah melewati tahap-tahan diatas dan akhirnya kalian dipanggil oleh sebuah perusahaan, maka sudah saatnya kalian masuk ke fase selanjutnya, yaitu interview. Berikut persiapan penting menjelang interview:
  • Lokasi kantor sudah kalian ketahui sebelum menuju kesana. Kenapa? Karena menurut kami, kalian sudah bisa memperkirakan berapa lama perjalanan untuk sampai dilokasi dan salah satu nya nilai tambahan jika datang tepat waktu. Jangan sampai telat datang interview dengan alasan apapun lho.. kecuali sedang terjadi serangan Negara api 😂
  • Berpakaian serapih mungkin sampai bisa membuat orang pangling. Hehehe... Tidak bisa dihindari first impression memang cukup mengenang. ciyeee....
  • Belajar buku psikotes. Banyak ko' buku psikotes yang bisa dipelajari, supaya kalian paham melakukan psikotes yang baik itu bagaimana.
  • Sebelum berangkat, pamit dulu lah ke Orangtua dan mintalah doa agar interview kalian dilancarkan.

5. Hadapi HRD dengan percaya diri saat inteview.

Ini saatnya kalian mempresentasikan diri dan menjual diri kalian sebagus mungkin kepada calon pembeli ini, eh namun ingat jangan kebanyakan janji yaaa karena kalian sedang tidak kampanye loh. 😁 Jangan gugup juga saat tanya jawab dan berlatihlah berbicara dengan jelas dan lantang, tapi tidak juga teriak-teriak ala abri yah. Hehehe.... Pastikan apa yang kalian sampaikan bisa kalian realisasinya 110%, dan bukan 100% karena kita harus memberikan lebih dari apa yang diperintahkan. Cara seperti ini tepat untuk menunjukan integritas dan kemampuan kalian didepan atasan kelak.

Pada saat akhir inteview biasanya HRD akan memberikan kesempatan bertanya, dan kalian WAJIB bertanya tentang pekerjaan atau perusahaan ini yaa, sebagai tanda antusiasme kalian terhadap pekerjaan atau perusahaan ini.

Demi mendapatkan pekerjaan yang tepat diperlukan niat yang bulat, usaha keras dan semangat yang tinggi, Niscaya perjalanan kalian dilancarkan. Nah, itulah 5 tips simple kami tapi dampak nya cukup terasa jika kalian mengikutinya dengan tepat.

Keep fighting!

No comments:

Post a Comment