24 June 2019

Pengertian Motivasi, Menurut... (Part 1)

Holla Bears !!

Post kali ini kami akan menjelaskan sediikit perihal topik yang bisa kalian dapatkan di Jurnal Beruang ini, topik yang akan kami jelaskan diantaranya :
  • Motivasi
  • Hard & Soft Skill
  • Pengembangan Diri
Dari 3 topik yang akan dibahas di Jurnal Beruang ini sangat berkaitan satu sama lainnya untuk kehidupan sehari-hari maupun jenjang karir, Bears. JB disini akan memperjelas lebih dalam lagi satu persatu yaa....

Menurut situs kenamaan Wikipedia, Motivasi adalah

"Proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuan, tiga element utamanya adalah intensitas, arah, dan ketekunan"

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah 

""alasan" yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya  dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang"

Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang sering kali disamakan dengan "semangat", seperti contoh dalam percakapan "saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi". Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. 

Maka perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat. 

Motivasi berasa dari bahasa latin "movere", yang berarti menggerakkan. Menurut Weiner (1990) motivasi didefinisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan, dan penghormatan. Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasa dari bahasa inggris "motivation" yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan. 

Dari serangkaian pengertian para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan, dsb, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Nah, sekarang saatnya menjelaskan apa yang akan dilakukan kami untuk kalian tentang motivasi ini. Kami akan mencoba menyajikan hal-hal yang bisa memberikan dorongan, alasan-alasan dan tujuan agar para Bears bisa menghadapi dunia kerja dengan baik. Motivasi biasanya disampaikan oleh seorang Motivator dan kami sudah memiliki seorang Motivator yang handal dan berpengalaman dibidangnya dan siap memotivasi juga memberikan solusi untuk para Bears diluar sana. So, stay tune untuk postingan kami selanjutnyaaa...

Penjelasan dari Hard Skill & Soft Skill akan dijelaskan di post selanjutnya... 😊

JB ingin tahu hal apa yang bisa membuat bears termotivasi dalam mencapai sesuatu? Komen dibawah yaa!

No comments:

Post a Comment