19 July 2019

Rumus Dasar Excel: Menghitung Rata-rata Realisasi Sales, Mencari Nominal Tertinggi Dan Nominal Terendah

Hallo Bears,

Dalam mencari perhitungan yang tepat, kita memerlukan rumus yang benar agar perhitungannya akurat. Setelah menghitung total dan selisih/deviasi sales pada postingan sebelumnya, JB mau lanjut ke tahap berikutnya, apa aja sih? Disini kita akan mencari tau data rata - rata realisasi sales, nominal tertinggi, nominal terendah ya.


Diatas ini adalah tabel yang kita kerjakan sebelumnya, dan selanjutnya kita akan menganalisa data tersebut, yuk bears !
  • Mencari nilai rata - rata
Untuk nilai rata - rata dengan Ms. Excel, kita dapat menggunakan rumus "average" dan begini jadinya :


Buat row tambahan di bawah TOTAL dengan keterangan Rata - Rata, setelah itu ke "Cell D17" ketik sesuai digambar. Kolom ini untuk mencari tau nilai rata - rata dari Target atau mencari nilai rata - rata dari data "Cell E5" sampai "CELL E15" ruang linkup data dituliskan pada rumus Average tersebut. Untuk mencari nilai rata - rata Realisasi dan Deviasi juga seperti itu, jangan mengcopy "Cell E17" karena klo di copy akan menyebabkan perbedaan Format Cell walaupun nominalnya benar.
  • Mencari Nominal Realisasi dan deviasi tertinggi

Nah, untuk mencari angka diatas menggunakan rumus sebagai berikut,
    • Nilai Realisasi Tertinggi



Caranya adalah dengan meletakan cursor ke "CellE6" lalu ketik rumus sesuai panah warna merah, dimana tertulis "=MAX(K5:K15)" yang artinya, pada column kuning atau column Realisasi tersebut kita cari nominal tertinggi.

    • Nilai Deviasi Teringgi


Caranya adalah dengan meletakan cursor ke "CellE7" lalu ketik rumus sesuai panah warna merah, dimana tertulis "=MIN(L5:L15)" yang artinya, column deviasi atau column kuning tersebut kita mencari nominal tertingginya. Mungkin kalian akan bertanya kenapa kita mencari nilai tertinggi tetapi menggunakan rumus MIN bukan MAX, ini dikarenakan nominal deviasi di isi oleh nominal minus (-) bukan seperti di nominal realisasi dan nominal minus (-) itu lebih kecil daripada NOL (0) maka itu menggunakan MIN karena Nominal Deviasi terbesarnya menggunakan minus (-).

Sementara, sekian pembahasan rumus Excel kali ini, jika ada pertanyaan atau butuh bantuan dalam hal penggunaan rumus Excel, JB Sangat terbuka untuk membantu para Bears yah. Kalau mau request format Ms. Excel untuk mempermudah pekerjaan kalian, silakan coment dibawah ini

No comments:

Post a Comment