24 June 2019

Pengertian Pengembangan Diri, Menurut... (Part 3)


Hai Semuaaaa..!

Dalam hal pembelajaran terus mengasah ketrampilan yang udah kita punya, pastinya ingin dong diasah terus supaya dapat berguna untuk dimasa yang akan datang. Nah dasar ketrampilan ini lah yang membuat kita ingin terus mengembangkan diri. Tapi sebelumnya udah paham belum pengertian dari pengembangan diri/peribadi itu apa? Mari kita bahas yaaa dibawah ini...

Menurut Wikipedia pengertian dari Pengembangan Diri/Peribadi adalah 

"Meliputi segala kegiatan yang meningkatkan kesadaran dan identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kinerja, meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita. Tidak ada batasan terhadap pengembangan diri, konsepnya melibatkan baik kegiatan formal maupun nonformal.."

Dapat disimpulkan segala sesuatu yang dapat meningkatkan kemampuan diri sesuai potensi yang ada dan dapat berdampak kepada lingkungan sekitarnya. Contohnya pengembangan diri sangat penting dilingkungan kerja (perusahaan) karena dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas sebagai karyawan, seseorang tidak mempunyai batasan sampai kapan harus berhenti mengembangkan diri.

Cek juga! Pengertian Hard & Soft Skills, Menurut... (Part 2)

Lingkungan sekitar kita juga terus berkembang, yang perlu difokuskan adalah pengembangan diri yang tepat sasaran sesuai potensi diri dan target yang ingin dicapai. Contohnya seorang staff pajak harus terus update perihal undang-undang perpajakan yang berlaku dan pembuktikan skill nya yang dapat diperoleh berupa setifikat Brevet dari lembaga-lembaga yang ada. Jika targetnya adalah ingin mendirikan konsultan pajak sendiri maka dia juga harus mengikuti dan lulus USKP. Nah disini bentuk pengembangan diri yang dia lakukan untuk targetnya jangka panjang dan proses-prosesnya tentu dia harus terus belajar. Justru, kurang tepat jika seorang staff pajak ingin terus berkarir di dunia perpajakkan tapi malah mengambil kursus menjahit. Memang tidak sepenuhnya salah juga kalau ternyata memang dia lebih berbakat menjahit daripada menjadi staff pajak, dan malah dia bisa membuat bisnis konveksi atau fashion sendiri. 

So, dari sebelum lulus sekolah/kuliah dan terjun kedunia kerja, para bears nih diharapkan sudah mempunyai target jangka panjang, lalu beberapa target jangka pendek untuk menuju jangka panjang tersebut. 
Kedepannya, kami akan banyak membahas topik terkait pengembangan diri secara umum yang bisa mensupport karir bears lho, di dunia kerja. Misalkan kalian kalau ada yang ingin berkonsultasi perihal pengembangan diri, target jangka panjang, step-step nya dsb, bisa banget komen dibawah ini atau kontak kami langsung ya (cek contact us!) 😊

Keep fighting! 

No comments:

Post a Comment