24 June 2019

Pengertian Hard & Soft Skill, Menurut... (Part 2)


Hollaa Bears!

Dalam mencapai suatu target, diperlukan ketekunan, tujuan yang jelas, bahkan dorongan yang kuat agar target nya tercapai, ya kan? Dari semua itu dibutukan yang nama nya motivasi. Kalau kalian tidak termotivasi, laluuu target nya hanya akan menjadi sia-sia dong yaa... Kami sudah sedikit merangkum apasih yang dimaksud motivasi di post kami sebelumnya. Langsung cek ya...

Sebelum membahas lebih lanjut, mari pahami terlebih dahulu apa sih pengertian dari Hard Skill dan Soft Skill ini...

Hard Skill adalah

"kemampuan teknis yang dibutuhkan disebuah pekerjaan, ada yang berlaku khusus pada pekerjaan tertentu, ada juga yang umum harus dikuasai untuk semua pekerjaan, seperti Microsoft Office."

Sedangkan, soft skill adalah

"kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk menunjang Hard Skill yang dimiliki, contoh seperti kemampuan berkomunikasi, manajemen waktu, kerja sama, kepemimpinan, dsb... Kemampuan semua itu sayangnya tidak diajarkan disekolah, sehingga untuk mengasah kemampuan ini diperlukan lingkungan yang mendukung dan keinginan untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik."

Kesimpulannya yaa, seorang Bears harus mempunyai Hard Skill dan Soft Skill untuk meningkatkan kinerja kalian. Contoh seorang staff Accounting harus memiliki Hard Skill berupa kemampuan akuntansi yang baik dan dapat mengoperasikan software akuntansi atau Microsoft Excel dan Soft Skill nya adalah dapat berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja sama dalam tim, dapat membagi waktu dengan baik dan teliti. Hubungan soft skill diatas untuk seorang staff Accounting adalah perusahaan berharap dia dapat berkomunikasi dengan baik dengan departemen lainnya, kompak dalam timnya, dan perkerjaannya selesai tepat waktu. Kepemimpinan, dapat mensupervisi timnya dan sebagainya.

Kedepannya kami akan menyajikan case-case yang sering terjadi di lingkungan pekerjaan dan solusinya terkait hard skill dan soft skill yang harus dimiliki oleh para Bears diluar sana.

Selain, memiliki motivasi dalam mencapai tujuan, hard & soft skill dalam menunjang tujuan, kalian juga perlu mempunyai keinginan untuk mengembangkan diri kalian, bears... Kami akan menjelaskannya di postingan berikutnya.. Stay tune!

No comments:

Post a Comment