16 July 2019

Berikan Kesan Menyenangkan Di Hari Pertama Masuk Kerja

by Kamboompics.com from Pexels

Hallooo, Bears!

Setelah menerima pemberitahuan kalau kalian diterima disuatu perusahaan, rasanya pasti langsung gugup sampai menjelang hari pertama masuk kerja. Demi keberlangsungan memberikan kesan yang baik kepada rekan baru, disini JB sudah menyiapkan 8 tips untuk kalian yang bisa diikuti..

1. Persiapkan segalanya dimalam sebelumnya

Persiapkan semua nya sehari sebelumnya, dari pakaian, kendaraan yang digunakan, bawaan yang ada dalam tas, dll... Supaya keesokan hari nya gak terburu-buru, dan lupa. Sekalian juga, kalau kalian menggunakan kendaraan pribadi, bisa cek maps arah mana akan dilalui supaya tidak tersesat.

2. Tidak melupakan SARAPAN

Kalian sangat membutuhkan sarapan. Memang sih kalau sedang grogi gitu, rasanya gak kepengen makan atau minum apapun. Tapi kalian harus ingat, kalau sarapan itu sangat penting lhoo. Selain memberikan tenaga, perut kalian juga tidak kosong.. Terutama bagi kalian yang memiliki penyakit asam lambung. Bisa dicoba minum teh hangat, supaya lebih rileks.

3. Datang lebih awal dan gunakan pakaian yang sesuai profesi

Sebagai pegawai baru, pengen banget kan meninggalkan kesan yang baik terhadap rekan-rekan kerja. Pertama-tama, usahakan berangkat dan datang lebih awal, kita kan gak tahu diperjalanan nanti seperti apa, kemudian sesampai dikantor, kalian juga butuh cek penampilan sebelum ketemu sama atasan, mungkin. Kedua nya, pastikan kalian mengetahui dress code yang digunakan diperusahaan nanti, apakah pegawainya menggunakan pakaian formal seperti blazer, dasi dan pantofel, atau justru jauh lebih flexible, seperti kaos berkerah, jeans dan sneakers.

4. Tenangkan diri dan percaya diri

Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan... Mungkin bisa coba beberapa kali sampai kalian merasa lebih santai. Merasa grogi itu hal yang biasa kok. Siapapun pasti pernah merasakan nya, bahkan bos kalian dulunya pernah berada diposisi kalian saat ini. Jadilah diri sendiri dan tunjukkan ke semua orang kenapa perusahaan itu memilih kalian.

5. Ucapkan salam

Sebagai anggota baru didalam tim, kalian akan diperkenalkan kepada rekan-rekan lainnya di kantor. Pastikan kontak mata, pasang senyum, lalu ucapkan salam dengan ramah dan jelas. Tak sekadar berkenalan, ingatlah juga nama mereka. Kalau kalian termasuk golongan yang sering lupa nama seseorang, ada baiknya dicatat, atau lebih mudah lagi kalau memang lupa, minta maaf dengan sopan dan tanyakan lagi nama mereka.

6. Jangan malu bertanya dan perbanyak mencatat

Ingat dengan pepatah lama? Jika malu bertanya, akan sesat dijalan. Nah, sebagai anggota baru, sebaiknya kalian tidak malu untuk bertanya banyak hal dan catat, supaya tidak menanyakan hal yang sama berulang-ulang. Tanyakan apa yang belum dimengerti, baik kepada rekan kerja maupun atasan. Dengan begitu kalian akan cepat memahami semuanya dengan cepat.

7. Ingat ucapan pada saat wawancara

Suatu perusahaan itu mempunyai alasan mengapa kalian terpilih untuk mempekerjakan kalian. Jadi buktikan kalau kalian memang sesuai dengan apa yang kalian ucapkan pada saat wawancara.

8. Berbaur setelah jam pulang kantor

Salah satu cara agar bisa berbaur dengan rekan kerja adalah bersosialisasi setelah jam pulang kantor. Mungkin ada ajakan minum kopi, main basket, atau pulang bareng. Sebagai pegawai baru, jika mendapat ajakan untuk bergabung dengan mereka, jangan ragu untuk menerimanya.

Tidak susah kok sebenar nya memberikan kesan baik dihari pertama kerja. Rencakan dengan baik dan hari pertama kerja menjadi pengalaman yang menyenangkan. Pastikan kalian berisitrahat dengan cukup dan menyiapkan segalanya dengan baik dan benar. Tunjukan sikap postif, keinginan untuk belajar dan berkembang, dan yang paling penting, jadilah diri sendiri.

No comments:

Post a Comment