26 June 2019

Penipuan Kah? Ciri-ciri Panggilan Kerja Yang Mencurigakan

Hai Bears!

Setelah mengirim banyak lamaran ke banyak perusahaan, pasti nya bears menanti panggilan dari salah satu perusahaan yang diincar donk... Sesungguhnya disini lah kalian perlu berhati-hati juga. Pernah mendengar panggilan kerja palsu? Bisa saja terjadi lho... Sudah senang-senang menerima undangan wawancara kerja eh gak tau nya penipuan. Serem gak sih?? 😓JB dulu juga beberapa kali pernah menerima undangan wawancara kerja via email yang isi nya "mencurigakan" tapi senang juga karena yang panggil itu perusahaan yang bonafid, seperti BUMN. Betul! Kebanyakkan undangan wawancara kerja palsu berasal dari perusahaan besar walaupun tidak menutup kemungkinan perusahaan menengah juga bisa. Supaya tidak masuk keperangkap mereka, JB akan memberitahukan kalian ciri-ciri undangan wawancara kerja palsu ini...

1. Meminta Sejumlah Uang

Perusahaan tidak akan memungut biaya apapun dari para pelamar. Logika nya perusahaan mencari pegawai baru dan mereka yang akan membayar kalian, jika mereka dengan alasan apapun informasi lowongan kerja yang meminta sejumlah uang dengan berbagai macam modus, sudah dipastikan bahwa lowongan kerja itu adalah palsu. 

2. Memakai Alamat Email Dari Domain Gratis

Biasanya perusahaan mempunyai domain email sendiri, seperti .com, .co.id, .org, dan lainnya. Apabila perusahaan yang mengundang kalian menggunakan alamat email dari domain gratis seperti @gmail.com atau @yahoo.com perlu diwaspadai ya, bears!

3. Lokasi Wawancara Berbeda

Terutama untuk perusahaan besar seperti BUMN, tidak akan mengundang wawancara kalian di lokasi yang berbeda, melainkan di kantor resmi perusahaan. Patut dicurigai jika mereka mengundang kalian di lokasi lain seperti ruko atau perumahan. Ada juga perusahaan yang menggunakan jasa pihak ketiga pada saat merekrut pegawai, namun biasanya mereka akan memberitahukan terlebih dahulu lokasi tes atau wawancara kerja.

4. Lokasi Test Yang Sangat Jauh

Masih dengan letak lokasi, perusahaan yang menipu ini biasanya akan mendapatkan informasi data kalian melalui email, internet formulir maupun surat konvensional. Informasi ini digunakan untuk mengundang kalian untuk wawancara atau tanda tangan kontrak namun lokasi yang ditentukan sangat jauh dari domisili kalian. Perusahaan seperti ini pasti akan meminta kalian untuk melakukan pemesanan tiket, dan hotel pada suatu agen travel yang kerja sama dengan penipu ini dengan harga diatas rata-rata. 

Pengalaman JB, perusahaan resmi akan menawarkan lokasi wawancara jika mereka memilik cabang pada kota tersebut dan dipilih kota yang terdekat. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pada saat wawancara ditanggung oleh perusahaan, bahkan diberikan uang makan selama berada di kota tersebut.

5. Mencantumkan Nama Semua Kandidat Yang Diundang

Undangan wawancara itu bersifat personal, bukannya malah mencantumkan nama semua kandidat atau peserta lainnya. Perusahaan resmi akan menyampaikan langsung calon pegawai yang diundangnya untuk wawancara. 

6. Tawaran Gaji Tinggi

Siapa sih yang tidak tertarik dengan penawaran gaji tinggi? Jika ditawarkan gaji yang tinggi dibandingkan standar yang ada, kalian patut curiga yaa... Perusahaan resmi sudah mempunyai standar gaji sesuai posisi dan jabatannya.

Demikian lah ciri-ciri panggilan kerja yang wajib dicurigai, Bears! Boleh senang karena ada hasil upaya kalian dalam mengirimkan lamaran kerja, tapi perlu juga kehati-hatian kalian dalam menerima undangan tersebut. JB tuh perhatian sama bears nya JB agar tidak terjadi di kalian maka nya post seperti ini wajib dibaca dan dipahami. 😉

Pernah gak bears menerima undangan wawancara dan test yang mencurigakan? Share dibawah ini yaaa....

Keep Fighting!

No comments:

Post a Comment